Recent twitter entries...

Kartu UNO





Hallo i'm back! Buat yang nunggu postingan di blog ini, makasi uda mau nunggu. Kalo gaada ada yang nunggu, yauda
Beberapa bulan yang lalu gue dapet request nih dari dia yang suka anime (yang ngerasa tunjuk tangan yaa) buat ngepost tentang tutorial main kartu UNO. Sorry kesempatannya baru ada ini #macakSibuk hhe

Selain temen gue yang suka anime tadi, ada ga sih di antara kalian yang gatau juga cara main UNO guys?

Sebenernya gue sendiri tau permainan kartu yang satu ini pas SMA. Suka banget main UNO bareng temen-temen, seru, gaada bosennya. Sampe pelajaran di tinggal gara-gara UNO. Tapi sekarang udah hampir ga pernah main lagi -,-


Kartu UNO ini sih umumnya sama dengan permainan kartu lainnya. Hanya ada sesuatu yang mbuat permainan ini seru abis.
Kartu ini sendiri berjumlah 108 pcs yang terdiri dari "kartu biasa" dan "kartu aksi" dengan rincian sbb :
  • Kartu biasa berjumlah 76 dengan empat warna bernomor 0 sampai 9. Dalam satu warna ada dua macam angka yang sama, kecuali angka 0. Jadi total ada 19 kartu hijau, 19 kartu merah, 19 kartu biru, dan 19 kartu kuning.
  • Kartu aksi ini berjumlah 32 yang terdiri dari:
          - 8 kartu draw two

          - 8 kartu reverse;

          - 8 kartu skip;

          - 4 kartu wild; dan

          - 4 kartu wild draw four.



Untuk memainkan kartu UNO, diawal kalian harus mengocok kartu dan bagikan pada tiap pemain sebanyak 7 buah (kalo mau lebih/kurang dari 7 gaapa, terserah yang maen). Kalo uda pada megang kartunya, ambil satu buah dari sisa kartu yang ada untuk dijadikan 'kartu buangan', yang mengawali permainan. Dan sisanya letakkan secara tertutup sebagi 'kartu ambilan'. Paham ya guys sampe sini? Kalo paham, udah sampe sini aja gausah dilanjutin ..hha. Becanda ding.

Selanjutnya, disini kita harus membuang kartu yang SAMA ANGKA atau SAMA WARNA dengan kartu buangan awal tadi. Kita ambil contoh kartu buangannya adalah 3 kuning. Maka, kita bisa membuang kartu 3 hijau/merah/biru atau kartu berwarna kuning (nilai terserah). Kalo kartu yang kita pegang tidak ada yang sesuai, kita bisa mengambil satu kartu di tumpukan kartu ambilan. Inget, satu aja jangan banyak-banyak. Kalo satu kartu itu tetep tidak sesuai, yasudah simpan dan silakan lanjut ke pemain berikutnya. Mainkan sesuai arah jarum jam ya guys. Begitu seterusnya, hingga kartu yang dimiliki habis, dia yang memenangkan permainan.


Kartu Aksi
adalah kartu yang 'mbois' kalo kata gue. Kalian yang banyak dapat kartu ini gue yakin pasti bakal senyum-senyum diawal permainan ..hha #alay ya?  << bagian ga penting

  • Draw two (+2),  awal kartu ini digunakan hanya pada kartu yang berwarna sama. Misal kartu terakhir adalah 7 merah, nah keluarin tuh draw two warna merah. Pemain selanjutnya yang mendapat draw two bisa membuang kartu draw two juga (sembarang warna) jika ia punya. Namun jika tidak punya, dia harus mengambil 2 kartu di kartu ambilan.
  • Skip, berarti stop. Kartu ini berfungsi untuk menyetop pemain selanjutnya, jadi dia kehilangan kesempatan membuang kartu. Kalian bisa menggunakannya pada kartu yang berwarna sama.
  • Reverse, berfungsi untuk mengubah arah permainan. Jika sebelumnya searah jarum jam, maka dengan kartu ini arah permainan berubah melawan arah jarum jam. Sama dengan draw two dan skip, kartu ini hanya digunakan pada kartu yang berwarna sama.
  • Wild, ini si kartu fleksible, bisa digunakan di warna apapun. Ada yang bilang kartu ini harus diselamatkan. Mau tau kenapa? Maen uno dulu biar tau kenapa ..hha. Btw pemain yang membuang kartu ini berhak menentukan kartu apa yang selanjutnya dipakai.
  • Wild Four (+4), nah... ini nih Kingnya kartu uno. Intinya sama dengan kartu wild, kita bisa nggunain kartu ini disegala macam warna terakhir, dan dapat menentukan warna kartu selanjutnya. Plusnya adalah kita bisa membuat lawan kalah dengan mengharuskan pemain setalah kita mengambil 4 kartu di kartu ambilan.

Yang membuat khas dan seru dari kartu UNO ini adalah namanya. UNO. Trus khasnya dimana? Jadi gini guys, kalian tau UNO artinya satu? Nah, kalo kartu yang kalian pegang jumlahnya tinggal satu aja nih, kalian harus teriak "UNO" kenapa? karena jika tidak bilang UNO dan ada pemain lain yang berteriak lebih dulu, kalian harus ngambil dua buah kartu. Jadi ga abis-abis dan semakin kecil kesempatan kalian buat menang. Sebaliknya, jika kalian berteriak "UNO" pas ga pada waktunya, kalian sendiri yang harus ngambil dua kartu itu.

Gimana penjelasannya? Paham belom? Kamu (yang suka anime) paham juga? Yang udah bisa ntar maen sama gue ya ..hha



 Postingan ini ada karena referensi dari sini.

Comments (0)

Posting Komentar

isikan cuapcuap-mu disini ^^

Diberdayakan oleh Blogger.

me in Twitter

me in Instagram

Instagram

Pengikut